Rabu, 06 Juni 2012

PENADAHULUAN


PENDAHULUAN

“Sesungguhnya di dalam Surga itu terdapat pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada Hari Kiamat kelak. Tidak boleh masuk seorangpun kecuali mereka. Kelak akan ada pengumuman: Di manakah orang yang berpuasa? Mereka lalu berduyun-duyun masuk melalui pintu tersebut. Setelah orang yang terakhir dari mereka telah masuk, pintu tadi ditutup kembali. Tiada lagi orang lain yang akan memasukinya" [Bukhari-Muslim]

            Hadits di atas menggambarkan tentang hikmah dan pentingnya berpuasa baik puasa wajib (Ramadhan) atau puasa sunnah. Puasa mengajarkan kepada  kita agar selalu menjadi manusia yang selalu mensyukuri nikmat Allah, mengajarkan rasa tepa selira terhadap sesama, dan puasa mengajarkan tentang bagaimana hidup sehat.

            Allah mewajibkan hambanya untuk berpuasa dalam setahun sekali yaitu puasa Ramadhan puasa yang ditunggu-tunggu kehadirannya dan memiliki banyak faedah. namun selain puasa ramadhan, Allah juga menganjurkan hambanya melalui utusanNYA Nabi SAW untuk melaksanakan puasa sunnah yaitu Puasa yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu yang memiliki banyak faedahnya.

            Puasa yang dianjurkan Nabi SAW banyak jenisnya diantaranya puasa senin kamis, puasa 3 hari dalam sebulan, dan puasa daud. Untuk penjelasan lebih lanjut akan dibahas pada bab II.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar