Selasa, 05 Juni 2012

Anjuran Melaksanakan Puasa Sunnah


ANJURAN MELAKSANAKAN PUASA SUNNAH
            عن عبد الله بن عمرو رضى الله عنهما قال, انكحنى ابى امراءة ذات حسب. فكان يتعاهد كنته فيسألها عن بعلها فتقول: نعم الرجل  من رجل لم يطأ لنا فراشا ولم نفتش لنا كنفا منذ أتيناه. فلما طال ذلك عليه ذكر للنبى ص.م فقال:تصوم ؟ قال: كل يوم قال: وكيف تختم ؟ قال كل ليلة. قال: صم فى كل شهر ثلاثة واقراء القران فى كل شهر. قال:  قلت: اطيق اكثر من ذالك. قال: صم ثلاثة ايام فى الجمعة. قلت: أطيق اكثر من ذالك. قال: افطر يومين و صم يوما. قال قلت: اطيق اكثر من ذلك. قال: صم افضل الصوم داود صيام يوم و افطار يوم واقراء فى كل سبع ليال مرة (رواه البخارى)
            Hadis di atas menggambarkan tentang larangan untuk berpuasa secara terus menerus setiap hari, serta anjuran untuk berpuasa sunnah yang di sukai Allah yaitu puasa tiga hari dan menghatamkan al-qur’an setiap bulan,  puasa tiga hari dalam seminggu, sehari puasa dua hari tidak puasa, dan sehari puasa sehari berbuka (puasa daud).
            Anjuran untuk puasa sunnah tiga hari, menghatamkan al-quran dalam sebulan, dan puasa daud juga terdapat dalam hadis berikut
عن شعبة عن مغيرة قال: سمعت مجاهدا عن عبدالله بن عمرو رضى الله عنهما عن النبى صلى الله عليه و سلم قال: صم من الشهر ثلاثة أيام, قال:  اطيق اكثر من ذلك, فما زال حتى قال: صم يوما و أفطر يوما, فقال: اقراء القران فى كل شهر. قال: إنى أطيق أكثر فما زال حتى قال: فى ثلاث.
Artinya: Dari syu’bah, dari Mughirah, dia berkata: Aku mendengar Mujahid meriwayatkan dari Abdullah bin Amr RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “berpuasalah tiga hari setiap bulan.”Abdullah berkata, “ Aku mampu lebih dari itu.” Hal demikian terus berlangsung hingga beliau bersabda, “hendaklah engkau sehari berpuasa dan sehari tidak.” Beliau bersabda, “Bacalah (khatamkan) Al-Quran setiap bulan.” Dia berkata,”Aku mampu lebih dari itu.”hal ini terus berlangsung hingga Nabi SAW bersabda, “ pada setiap tiga hari”.
Terjadi perbedaan pendapat tentang hari dan tanggal penentuan puasa tiga hari dalam setiap bulan. Nabi bersabda
عن أبي هريرة رضى الله عنه قال: أوصانى خليلي صلى الله عليه و سلم بثلاثة صيام ثلاثة أيام من كل شهر, و ركعتي الضحى, و أن أوتر قبل أن أنام.
Artinya: dari Abu Hurairah RA, dia berkata,:”kekasihku Nabi SAW telah mewasiatkan tiga perkara kepadaku, yaitu berpuasa tiga hari setiap bulan, 2 rakaat shalat dhuha, dan mengerjakan shalat witir sebelum tidur.”
Dalam hadits Qatadah bin Milhan-Ibnu Minhal-pada kitab As-Sunnah disebutkan batasannya, yaitu dengan lafazh,
كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يأمرنا أن نصوم البيض ثلاثة عشرة وأربع عشرة و خمش عشرة و قال: هى كهيئة الدهر
Artinya: Rasulullah SAW memerintahkan kami untuk berpuasa Al Bidh, yaitu tanggal 13, 14, dan 15, lalu bersabda, “ ia sama seperti puasa sepanjang masa”.
            Kemudian dalam riwayat An-Nasa`I dari hadits Jarir, dari Nabi SAW bersabda
صيام ثلاثة أيام من كل شهر صيام الدهر: أيام البيض صحيبة ثلاثة عشرة
Artinya: puasa tiga hari setiap bulan adalah puasa sepanjang masa; hari-hari Al Bidh pagi hari tanggal tiga belas. Sanad hadits ini shahih.
            Ibnu Khuzaimah dari hadits Ibnu Mas’ud menyebutkan
أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يصوم ثلاثة أيام من غرة كل شهر
Artinya: sesungguhnya Nabi SAW biasa berpuasa tiga hari pada awal setiap bulan
            Sebagian ulama menguatkan puasa 3 hari di awal bulan, karena seseorang tidak mengetahui halangan yang akan dihadapinya. Sementara menurut sebagian ulama, sebaiknya melakukan puasa sehari pada awal setiap 10 hari. Dari sebagian perbedaan pendapat di atas dalam menentukan ayyamul Bidh, ada Sembilan pendapat, yaitu:
1.      Tidak ada ketentuan, bahkan makruh jika menentukannya. Pendapat ini dinukil dari Imam Malik.
2.      3 hari pertama pada setiap bulan, pendapat ini dikemukakan oleh Al Hasan Al Bashri
3.      Hari pertamanya adalah tanggal 12
4.      Hari pertamanya adalah tanggal 13
5.      Hari pertamanya adalah hari sabtu pertama pada bulan yang sedang berjalan, kemudian hari selasa pertama pada bulan berikutnya, dan demikian seterusnya. Pendapat ini dinukil dari Aisyah RA.
6.      Hari kamis pertama, lalu hari senin dan kamis berikutnya.
7.      Hari senin pertama, lalu hari kamis, dan hari senin berikutnya.
8.      Hari pertama, hari ke-10 dan hari ke-20 setiap bulan. Pendapat ini dinukil dari Abu Darda`.
9.      Hari pertama pada setiap 10 hari. Pendapat ini dinukil dari Ibnu Sya’ban Al Maliki.

Nabi SAW bersabda,
قال: صم افضل الصوم داود صيام يوم و افطار يوم واقراء فى كل سبع ليال مرة (رواه البخارى)
            Penggalan hadits di atas menjelaskan tentang puasa Daud. Puasa daud adalah puasa yang dilaksanakan dengan cara sehari puasa sehari berbuka.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
Artinya: Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar