Minggu, 06 Januari 2013

bab v

BAB V
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Berdasarkan dari hasil uraian penelitian yang telah dikemukakan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.         Upaya guru Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Fathul Qarib Dusun Krajan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui kegiatan ekstrakulikuler dan peningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar.
2.         Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Fathul Qarib Dusun Krajan
a.       Faktor Pendukung
Sudah adanya Fasilitas, kurikulum yang baik, sekolah dan wali murid saling bekerjasama, untuk para guru juga sudah mengikuti seminar dan pelatihan-pelatihan departemen agama. Siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan balajar mengajar dan kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan oleh guru. Wali murid sangat mendukung kegiatan yang diadakan sekolah karena terbantu dalam mendidik anak untuk memperdalam ilmu agama islam. Masyarakat sangat senang dan mendukung di lingkungan mereka diadakan kegiatan rohani.

b.      Faktor Penghambat
Fasilitas masih kurang memadai, masih ada beberapa guru yang belum mengedepankan kreatifitasnya dalam mengajar anak didik, pada saat shalat ashar berjamah masih ada beberapa anak didik yang tidak ikut, sebagian wali murid ada yang tidak setuju dengan kegiatan ekstrakulikuler malam hari dikarenakan anak didik ditakutkan kelelahan setelah mengikuti sekolah di pagi hari dan madin di sore harinya  serta masyarakat terkadang terganggu dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan di malam hari.

B.     SARAN
1.      Kepada Guru Madrasah Diniyah Fathul Qarib Dusun Krajan
Diharapakan hasil penelitian ini untuk meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Fathul Qarib Dusun Krajan agar mengalami kemajuan dan perkembangan yang lebih maju, bermutu, efisien, efektif, serta memberi jaminan yang layak dan berkualitas.
2.      Bagi siswa
Sabaiknya hasil penelitian ini dapat mempertahankan dan meningkatkan semangat belajar agar menjadi siswa berkepribadian muslim yang mengedepankan keimanan dan ketakwaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.



3.      Kepada pembaca
Diharapkan hasil penelitian ini bermanfaat dan menjadi perbandingan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih cermat dalam melakukan penelitian dan mempersiapkan segala sesuatunya lebih dini agar hasilnya lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar